MEMAHAMI PERBEDAAN OTAK WANITA DAN PRIA


PERBEDAAN    OTAK  WANITA DAN PRIA



Peberdaan yang mendasar otak wanita dan pria:

Otak wanita struktur otak terbagi  atas sekat sekat atau kamar kamar untuk memory

Otak  pria struktur otaknya tidak terbagi bagi tetapi hanyaterdapat satu ruang khusus untuk memory.

Fakta perbedaan tingkah laku wanita dan pria di bawah ini:

1. Perbedaan spasial 

Pada laki-laki otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Tak heran jika laki-laki suka sekali mengutak-atik kendaraan. 

2. Perbedaan verbal 

Daerah korteks otak pria lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi porsi sedikit pada daerah korteksnya untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri-kanan atau corpus collosum otak laki-laki lebih kecil seperempat ketimbang otak perempuan. Bila otak pria hanya menggunakan belahan otak kanan, otak perempuan bisa memaksimalkan keduanya. Itulah mengapa perempuan lebih banyak bicara ketimbang pria. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara pria hanya 7.000 kata! 

3. Perbedaan bahan kimia 

Otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap tenang. Tak aneh jika wanita lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam. Selain itu, otak perempuan juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal inimempengaruhi kecenderungan biologis otak pria untuk tidak bertindak lebih dahulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan perempuan. 

4. Memori lebih kecil 

Pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak pria. Ini bisa menjawab pertanyaan kenapa bila laki-laki mudah lupa, sementara wanita bisa mengingat segala detail.

5. Otak perempuan terhubung lebih baik dan otak pria dibuat untuk pekerjaan khusus.

DR. Rober Groski, ahli neurologi dari Universitas California, Los Angeles menemukan bahwa corpus collosum pada otak wanita lebih tebal daripada pria sehingga wanita mampu mengerjakan berbagai pekerjaan yang tidak saling berhubungan dalam satu waktu. Kita sering menyebutnya multitasking. Maka wajar jika seorang ibu bisa saja menggoreng tempe sambil menyuapi si kecil dan menemani kakak belajar sembali sesekali melirik smart phonenya. Berbeda dengan pria yang hanya bisa menekuni satu hal. Dan ketika ia sedang berkonsentrasi, tanpa disadari pendengaranya akan menurun. Menurun ya, bukan berkurang. Jika anak laki-laki atau suami bunda tak menyahut panggilan ketika ia sedang serius maka saatnya bunda bilang, “Wow…laki banget!” hehe. Stop memanggil berulang-ulang karena hanya akan menghabiskan energi. Datangi dan colek bahunya saja mungkin lebih efektif. Mungkin hal ini berkaitan pula dengan sudut pandang. Wanita memliki sudut pandang yang lebar sedang pria bersudut pandang lurus namun panjang.

6. Letak emosi

Pada pria umumnya terletak di sebelah kanan yang berarti perasaan dapat bekerja secara terpisah dari fungsi-fungsi otak yang lain. Contoh pria berdebat dengan kata-kata di otak kiri tanpa emosional. Pada wanita, titik emosi tersebar pada kedua belahan otak. Perasaannya menjadi lebih aktif serempak bersama dengan fungsi otak lain. Contoh : wanita bisa menangis ketika mengganti ban yang kempes.

7. Reaksi Otak

Perbedaan Otak Wanita dan Pria dalam hal reaksi otaknya. Otak kanan wanita tersusun untuk bereaksi dengan orang dan wajah-wajah sedang otak pria pada benda dan bentuknya. Jika suami lebih senang mengotak-atik laptopnya ketimbang melihat wajah anda, bukan berarti wajah anda tidak cantik bund! (menghibur diri dan curhat, hehe).

8. Cara Menyimak

Perbedaan Otak Wanita dan Pria ketika menyimak. Di sepuluh menit pertama, wanita bisa berkali-kali berubah ekkspresi. Contoh ketika secara tak sengaja bertemu dengan teman sekolahnya di pusat perbelanjaan. Pasti sangat hebring dengan ucapan semisal “Ehh Apa kabar??” “Ah Masa sih??”” Iya gitu??” “Hihi bisa aja jeng” dan ucapan yang senada diikuti dengan mimik serta gestur yang berubah-ubah pula. Pria cenderung datar dan kurang ekspresif. Maka lebih bijak bagi para bunda untuk menunggu selama 10 menit sebelum mengajak suami mengobrol sepulang kerja.

9. Keinginan

Wanita menginginkan hubungan dan kerjasama. Pria menginginkan kekuasaaan, kedudukan dan bersaing. Pernahkan anda melihat seorang pria dalam suatu seminar berkata pada temannya, “Ke kamar mandi yuk..!” hoho pasti tidak. Pria akan fokus, ke kamar mandi ya ke kamar mandi. Wanita yang memang menyukai hubungan biasanya mengajak temannya pergi ke toilet. Belum kalau sedang mengantri, melihat teman sebaya yang juga sedang mengantri di sebelah pasti tak tahan untuk bilang, “dari mana mbak?”

10. Apa Yang Di Hargai ?

Wanita menghargai hubungan dan pria menghargai pekerjaan. Jika wanita tidak bahagia dalam hubungan keluarga maka ia tak dapat berkonsentrasi pada pekerjaannya, sebaliknya laki-laki tidak dapat memusatkan perhatiannya pada keluarganya jika ia tak bahagia dalam pekerjaannya

11. Beberapa Perbedaan Wanita dan Pria

Pria lebih suka berterus terang sedang wanita tidak. Contoh : “Bunda marah ya?” “Enggak!”
Pria bicara apa adanya, wanita dengan perasaan
Bila curhat, wanita hanya ingin di dengar, pria menawarkan solusi.
Wanita mungkin kesulitan membaca peta atau petunjuk jalan, pria tahu arah dengan pasti
Berbelanja adalah kegembiraan bagi wanita namun sebuah teror bagi pria.
Wanita butuh bicara jika tertekan sedang pria tidak
Wanita selalu menyimpan barang barang lebih banyak ditasnya sedang pria tidak.

Fakta yang tidak benar:

Bahwa otak wanita lebih kecil 2X dari otak pria,dengan pandangan ini kita mendiskriminasikan kaum wanita dan merendahkannya.

Cara  membina hubungan hubungan antara wanita dan pria.Dengan memahami perbedaan yang diciptakan Tuhan kepada wanita dan pria .

Tips membina hubungan antara wanita dan pria:

  • Buatlah wanita atau yang menjadi istri tersenyum
  • Buatlah pria atau suami tersenyum
  • Wanita sebagai istri adalah penolong bagi pria
  • Pria sebagai suami harus menyayangi  istrinya .tidak boleh poligami.

Tuhan memberkati





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.