TEORI KOMPONEN AC

KONDENSOR

Kondensor adalah komponen yang berfungsi merubah refrigeran gas menjadi cair ,dengan cara membuang panas ke udara sekitar.
Sebagai akibat kehilangan panas refgeran dalam bentuk gas akan mengembun dan berubah menjadi cair.Proses diatas di sebut juga proses kondensasi .Untuk dapat membuang panas ke udara sekitar ,maka temperature refrigerant harus di naikkan sehingga panas temperaturnya menjadi lebih tinggi dari temperature ambient ,untuk menaikkan temperature ini di gunakan kompresor.

Agar mudah mengembun ,maka temperature kondensasi harus lebih tinggi kurang lebih 15derajat celcius di atas temperature ambient.
Kondensor umumnya terbuat dari pipa pipa tembaga yang di susun beraris ke bawah .

Pipa piapa tersebut di beri sirip atau rusuk (fins)dari aluminium.
Pipa dan rusuk rusuk dihubungkan secara mekanis dengan cara di tekan (dipress)sehingga menjadi satu kesatuan.

Jumlah rusuk rusuk pada kondensor terdiri dari 10,12 dan 14 rusuk untuk tiap tiap 1 inch .Jadi jarak antara rusuk rusuk sangat sempit ,agar dapat dipermukaan yang luas sehingga mempermudah pada saa t proses pembuangan panas .Kondensor perlu sering sering di berihkan agar permukaan tidak buntu oleh kotoran atau debu yang dapat menurunkan kapasitas kerjanya .Rusuk yang bengkok harus di luruskan dengan sisir plastik.

Macam macam bentuk kondensor

a.Kondensor dengan pipa dan jari jari penguat


Umumnya di buat dari besi dan di beri jari jari penguat untuk memperkuat dan memperluas permukaannya agar mudah membuang panas .Kondensor dari besi harus di beri cat ,biasanya berwarna hitam agar terhindar dari korosi dan karat.

Kondensor ini sangat sederhana bentuknya dan banyak dipakai pada lemari es atau kulkas ,karena bentuknya lebih lebar dan panjang ,maka penempatannya di belakang kulkas.

B.Kondensor dengan pipa dan plat

Di buat dari pipa yang di lilitkan pada sisi bagian dalam dari pelat besi dan dilas dengan pelat tersebut .Susunan pipa horizontal di susun sejajar dari atas ke  bawah  serta vertical di susun sejajar dari kiri ke kanan.Bagian akhir dari pipa harus pada bagian kondensor .Hampir sama dengan kondensor pipa dan jari jari dipakai untuk kulkas.

C.Kondensor dengan pipa dan sirip sirip



Dibuat dari pipa besi dan di beri sirip sirip (fins) dari aluminium untuk memperluas permukaannya .Penempatan kondensor ini harus pada tempat yang luas ,agar aliran udara keluar dari kondensor tidak terhalang.

BACK                                                              NEXT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.