BELAJAR KOMPONEN AC

EVAPORATOR

Evaporator disebut juga freezer,froster dan lainya.Evaoprator berfungsi merubah refrigerant dari bentuk cair menjadi gas,dengan cara menyerap panas dari udara atau benda benda di sekelilingnya.Jadi Evaporator di tempatkan dalam ruangan yang akan di dinginkan.Dengan mendapatkan panas dari udara dan benda benda di sekelilingnya maka refrigerant gas akan menguap dan berubah menjadi cair .Panas yang dibutuhkan untuk menguapkan zat pendingin tersebut dinamakan panas laten.

Macam macam Evaporator

a.Evaporator pipa dengan rusuk rusuk (finned tube)


Dibuat dari pipa yang diberi pelat logam tipis atau sirip .Sirip sirip dapat memperluas permukaan evaporator,sehingga dapat menyerap panas lebih banyak.Agar evaporator berfungsi lebih baik,sirip sirip harus di hubungkandengan pipa  sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan.Jumlah sirip sirip dengan lebar 1  inchi mempunyai jumlah  antara 8 s/d 14 sirip ,tergantung dari suhu kerja evaporator .Semakin dingin suhunya ,maka semakin jarang rusuk rusuknya.

b.Evaporator dengan pipa saja(bare tube)


Dibuat dari pipa tembaga atau aluminium.Pipa di susun seri atau parallel dan diberi rangka penguat.

 C.Evaporator Permukaan Datar ( Plate surface)


Evaporator permukaan datar ada beberapa macam .Ada yang terbuat dari 2 pelat yang diletakkan menjadi satu dan diantaranya di beri saluran saluran zat pendingin. Ada juga yang terbuat dari pipa yang dililitkan pada  pelat.

BACK                                                                      NEXT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.