38 KESALAHAN WIRANIAGA DAN CARA MEMBETULKANNYA


Kesalahan #2 wiraniaga 
Membawa berita yang selalu sama disaat kunjungan kepelanggan

Penulis memulai karir sebagai salesman diperusahaan terbesar dindonesia yang memproduksi tissue.Ditugaskan memasarkan tissue ke tradisionil,modern market,dan ke end user.

Penulis mengamati ,menganalisa dan merasakan ada saat saat yang penting yang dialami oleh wiraniaga termasuk penulis disaat kembali mengunjungi kembali pelanggan ataupun calon pelanggan.

Saat saat penting tersebut adalah awal pertemuan dengan pelanggan .Ada wiraniaga yang disambut baik dan ada yang tidak di sambut baik dan ada yang telah dinantikan kedatangannya.

Hal ini mendorong dan menggelitik penulis untuk mengetahui nya dengan bertanya   kepada wiraniaga dan pelanggan secara langsung ,dibawah ini :













wandykambuno.com
1
wandy
2
wandy
3
wandy
4
wandy
5

Penulis bertanya ; “Bagaimana hari ini apakah dapat order hari ini ? dan kenapa berhasil dan tidak berhasil”.

  • Respon  Wairaniaga yang tidak disambut hangat ;

Tidak dapat order ,ketahuilah saya sudah berkunjung untuk kesekian kalinya tapi tidak pernah mendapat order dari MR.A,selalu ada alasan :masih ada stock,lagi sepi dan lainnya.
  • Respon  Wairaniaga yang disambut hangat ;
Ya ,hari ini saya dapat order walaupun kuantitasnya tidak sebanyak transaksi sebelumnya ,selalu ada order di setiap kunjunganku dan MR.A adalah pelanggan terbaikku.Anda ingin mengetahui rahasianya ,Saya selalu membawa berita yang selalu baru untuk setiap kali Saya berkunjung   ke setiap pelanggan ku.                                                                                                                                                                                                                                                      
Penulis bertanya kepada pelanggan MR.A ,”kenapa tidak order kepada wiraniaga yang datang terlebih dahulu,setahu penulis harga nya lebih murah dan produk yang dijual sama”.

Jawaban MR.A ;”hahahhahahaha",sambil tertawa,"betul sekali" .Saya kurang berminat kepada wiraniaga yang selalu membawa berita yang sama untuk bertemu denganku,selain menghabiskan waktu dan membosankan sekali.Tetapi wiraniaga yang lain  selalu membawa berita yang terbaru dan itu menyenangkan dan selalu ada order baginya”.

Penulis :”terima kasih,ini adalah pelajaran berharga bagiku”.

Peristiwa yang kusaksikan hari ini sangat penting bagiku untuk menghasilkan  pendapatan 100 kali lipat .Setelah kuanalisa ,bertanya,dan kritisi .Masalahnya bukan pada harga maupun pada produk tetapi kerja keras memikirkan hal apa yang terbaru saat berkunjung ke pelanggan atau ke calon pelanggan.

Tips kunjungan ke pelanggan membawa berita baru.

1. Kreativitas

Kunjungan yang membawa hasil adalah harapan semua wiraniaga,jadi buatlah kunjungan tersebut menarik dan menyenangkan antara ke dua pihak untuk mendapat order dan meningkatkan penghasilan Anda.Kuncinya kerja keras berkreativitas membawa berita yang variasi untuk setiap kali mendatangi pelanggan.

2. Tinjau dari sudut pandang pelanggan

Ketahuilah sudut pandang pelanggan dan sadarilah bahwa :pelanggan ingin melihat ,merasakan ,mendengar dan mengetahui sesuatu yang berbeda setiap kali kita berkunjung ke pelanggan .Hal ini tidak harus radikal ,jungkir balik atau memakai sesuatu diluar kebiasaan,mungkin cara radikal ini diperlukan tetapi tidak selalu radikal yang penting pahami apa yang dibutuhkan pelanggan.

3. Pahami karakteristik pelanggan.

Berbeda dengan sudut pandang pelanggan tetapi lebih spesifik ke arah karakteristik pelanggan .Misalnya; 


  • Pelanggan ingin mengetahui lebih dalam mengenai produk Anda.
  • Pelanggan mengetahui sesuatu mengenai perusahaan Anda atau industri yang sedang digeluti.
  • Pelanggan hanya senang bertemu dengan Anda karena Anda ,cantik atau tampan .
  •  Dan sebagainya
SARAN

Jika anda seorang wiraniaga yang harus mengunjungi pelanggan dalam sebulan 4 x maka usahakan membawa berita yang variatif dan tidak membosankan yaitu minimal 50 % kunjungan anda ke pelanggan harus membawa berita yang tidak sama.

prev                                                                                                                                                  next

Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.