PENGERTIAN VARIABLE PENELITIAN



VARIABLE PENELITIAN

Variable adalah suatu besaran yang dapat berubah atau diubah sehingga mempengaruhi peristiwa hasil penelitian.

Contoh

Pekerja  adalah variable objek
Usia adalah variable numeric
Tingkat pendidikan adalah variable kategori
Bidang pekerjaan adalah variable kategori






Variable menurut sifatnya:

Variable kualitatif adalah variable yang menunjukkan suatu intensitasyang sulit diukur.seperti: kepuasaan ,kepandaian dan lainnya.

Variable kuantitatif adalah variable yang dapat diukur intensitasnya.Seperti: tinggi badan,tingkat penjualan produk dan sebagainya.

  • Variable menurut nilainya:

Variable discreate adalah variable yang mempunyai dua kutub yang berlawanan .Seperti :wanita dan pria.
Variable continue adalah variable yang saling mempengaruhi antar satu sama lain.misalnya:tinggi badan selalu berubah  seiring berjalannya waktu.

Variable menurut datanya
Variable nominal :variable yang tidak dapat diubah (jenis kelamin)
Variable ordinal:dapat di urut tingkatannya (tingkat kecerdasan)
Variableinterval:variable berdasarkan tingkatan dan dapat diketahui nilai perbedaannya.(jarak rumah ke sekolah)
Variable rasio:variable dalam hubungannya dapat dibandingkan.(wandy ke sekolah 2 jam  dan Kambuno ke sekolah 5 jam).  

Variable menurut fungsinya
Variable independen yaitu variable yang mempengarahui variable lainya.disebut juga pengaruh,klausa,perlakuan,treatmen,stimulus,risiko,eksogen,indogen,bebas dan lainnya

Variable dependen yaitu variable yang selalu dipengaruhi oleh variable lainnya.disebut juga variable konsekuen,criteria,tergantung,output,dan lainnya.




  • Variable moderator

Variable yang mempengaruhi variable bebas dan variable terikat dan korelasinya memperkuat atau memperlemah hubungan variable dan dapat dipertanggungjawabkan.    


                                       
 

• Variable intervening Variable yang secara teoritis mempengaruhi antara variable tetapi tidak dapat diamati dan diukur secara langsung di sebut juga variable penyelia.



• Variable control Variable yang dapat dikendalikan oleh Anda sehingga tidak sampai mempengaruhi variable terikat.selama penilitian beralangsung.


Variable asing Factor factor yang mempengaruhi variable bebas tetapi tidak diketahui keberadaannya.variable asing perlu dipertimbangkan keberadaanya sebelum mengambil keputusan .disebut extraneos.



  • Variable respons 

 Apabila kita memberikan tindakan terhadap percobaan selama penelitian berlangsung.Singkatnya akibat percobaan. • Variable manipulasi Tindakan kita yang dapat memicu suatu perubahan sehingga variable terikat berubah. Variable manipulasi disebut juga variable instruksi. Contoh Kelompok A diberi waktu ujian 1 jam untuk 50 soal matematika Kelompok B diberi waktu 2 jam untuk 50 soal matematika. • Variable pengukuran Instrumen t dan metode yang digunakan untuk penelitian dan harus valid ;tidak cacat dan reliabilitas sebagai alat ukur. Contoh Mengukur kekuatan gempa bumi memakai alat termograf bukan thermometer alat pengukur suhu.

  • Variable anteseden

Mirip dengan variable asing tetapi kita dapat mendeteksinya  lebih dahulu sebelum variable bebas mempengaruhi variable terikat.Variable anteseden tidak mempengaruhi variable bebas dan variable terikat apabila diberi variable control.


Variable non experimen

Merupkan variable yang akan mempengaruhi penelitian yang sedang berlangsung .
Contoh
Prestasi belajar anak tidak saja dipengaruhi oleh emosi anak ,tetapi dipengaruhi juga oleh motivasi ,suhu ruangan dan lainnya.

Variable operasional

Adalah alat  atau perasaan metode yang digunakan untuk penelitian.


  • Kesimpulan

Variable secara umum terdiri dari subjek dan objek .(genetic,pendidikan dan lain lain)

Variable objek dan subjek yang sedang berlangsung dalam proses penelitian dapat berubah ubah karena dipengaruhi faktor factor luar (iklim,cuaca,kebisingan,kesibukan)


TERIMA KASIH.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.