TEORI KOMPONEN AC

KERAN EKSPANSI



Keran expansi berfungsi untuk menurunkan tekanan refrigerant,dari tekanan tinggi menjadi tekanan rendah,jga untuk mempertahankan jumlah refrigerant yang masuk ke dalam evaporator.



Macam macam keran expansi

1.Thermostatic expansion valve

2.Automatic expansion valve.

Automotic expansion valve atau keran ekspansi otomatis terdiri dari :
1.saluran masuk 
2.Jarum (needle)/katub
3.Dudukan jarum
4.Bellow
5.Pegas
6.Baut yang dapat di atur (mengatur besarnya tekanan)

Keran ekspansi otomatis bekerja bekerja berdasarkan tekanan seimbang ,yaitu antara tekanan dari evaporator dari tekanan dari pegas yang dapat di atur.

Tekanan dari evaporator menekan bellow ke atas ,membuat jarum menutup,sedangkan tekanan pegas menekan ke arah yang berlawanan untuk membuka jarum.

Misalnya tekanan dari pegas telah diatur untuk mempoertahankan tekanan pada evaporator sebesar 10 PSI ,maka setiap saat jika tekanan evaporator kurang dari 10 PSI ,tekanan dari pegas akan melebihi tekanan dari evaporator,sehingga jarum akan membuka ke bawah dan menambah refrigerant yang mengalir ke evaporator,dan tekanan evaporator akan bertambah hingga mencapai 10 psi ,lalu tekanan menjadi seimbang lagi.

Jika tekanan evaporator naik melebihi 10 psi ,maka bellow akan mendapat tekanan ka atas dan jarum bergerak menutup dan menghentikan aliran refrigeranke evaporator,sehingga tekanan evaporator turun dan terjadi kesimbangan lagi.

Pada waktu kompresor mati ,tidak ada refrigerant yang dihisap dari evaporator sehingga tekanan dari evaporator naik dan jarum menutup terus sampai kompresor start kembali.


BACK                                                                         NEXT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.