TEORI KOMPONEN PENUNJANG AC

1.FILTER DRYER (FILTER/PENGERING)




Adalah salah satu komponen pada mesin pendingin yang berfungsi untuk menyerap uap air dan menyaring kotoran di dalam sistim.Didalam filter dryer di isikan bahan pengering dan kawat saringan ,sehingga dapat menyerap dan menyaring uap air ,asam ,kotoran dan lain lain benda yang tidak di perlukan dalam system.

Pada system refrigerant yang besar ,pengering di tempatkan pada sisi tekanan tinggi,yaitu pada saluran cair didekat pengatur bahan pendingin (flow control).Umumnya pengering dipasang secara permanen ,hanya di tukar apabila bahan pengering nya sudahtidak dapat menghisap uap air lagi.Faedah pengering tidak dapat segera di ketahui ,tetapi apabila tidak memakai pengering ,Kita akan mengalami kejadian yang tidak di inginkan ,seperti di bawah ini:

a.Uap air didalam system dapat membeku dan membuat system menjadi buntu.

b.Uap air akan bereaksi dengan bahan pendingin dan minyak pelumas kompresor,yang dapat membentuk asam dan bisa menyebabkan korosi.

c.Air dan asam dapat merusak minyak pelumas ,sehingga endapan yang dapat membuat buntu pipa kapiler dan merusal kompresor.


Jika kompresor rusak atau terbakar ,maka pengering / saringan harus di tukar dengan yang baru.karena selain saringan telah kotor dan buntu ,bahan pengering nya telah jenuh ,sehingga sudah tidak dapat menyerap air lagi.

Bahan pengering yang banyak diisikan ke dalam pengering ada beberapa macam:

1.SILICA GEL,SILICON DIOXIDE

Adalah bahan pengering yang banyak dipakai ,bentuknya butir butir atau Kristal,warnanya putih atau biru.Tidak dapat hancur dan tidak lengket,dapat menyerap uap air sampai 40 %dari beratnya sendiri.Setelah menjadi jenuh dapat di aktifkan kembali dengan cara memanaskan sampai 120-250 C.

2.ACTIVATED ALUMINA

Bentuknya butir butir atau Kristal ,dapat menyerap uap air sampai 14% dari beratnya sendiri .dapat di aktifkan dengan pemanasan sampai 177-300 C

3.MOLECULAR SIEVE

Bentuknya butir butir seperti lada putih .Tidak dapat pecah atau lengket dan dipakai secara permanen .Banyak dipakai untuk  pengering pada lemari es .

Molecular mempunyai kekuatan menyerap uap air sangat kuat .Dapat di aktifkan kembali dengan memanaskan sampai 200-300 C.

BACK                                                                                                         NEXT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.