SAMPLING
Definisi sampling
Sample merupakan sebagian data dari junlah data yang mewakili populasi dari keseluruhan data.
Contoh :
CV.Wagesa melakukan penelitian survey brand image terhadap produk X dengan populasi 1000 orang .Tidak perlu mengambil 1000 orang tetapi cukup 250 orang sebagai sample yang dinilai mewakili karateristik populasi.
Tujuan sampling
1. Mempersingkat keterbatasan dan menghemat waktu,biaya,dan tenaga.
2. Variable yang diteliti lebih banyak dan akurat.
3. Ketepatan informasi yang didapat lebih besar.
4. Dapat digeneralisasi hasil kesimpulan penelitian untuk diuji kembali secara empiris.
Syarat sampling
• Presisi
Estimasi pengumpulan data dari sample harus presisi untuk mengetahui nya dapat digunakan standart deviasi atau alat ukur lainnya.
• Akurasi
Sample yang dipilih harus benar benar mewakili sifat dan karakteristik dari populasi.
• Validasi dan Reliabilitas
Sampling yang terpilih dan data yang dikumpulkan harus dapat berkolerasi dan dapat dipercaya.
• Jumlah sample
Tidak ada ketentuan jumlah sample yang dibutuhkan dalam penelitian .Tetapi ada baiknya kita belajar dari para Ahli.
ETIKA PENGUMPULAN DATA SAMPLE
• Rahasia
Respon yang diberikan oleh responden harus dijaga kerahasiannya.
• Informasi
Jika dibutuhkan informasi yang sifatnya privasi berikan alas an yang spesifik dan sopan serta ramah tanpa paksaan.
• Harga diri
Perhatikan harga diri dan kehormatan responden.
Tidak boleh mengancam responden untuk memberikan respon baik secara fisik dan mental.
• Kejujuran
Tidak boleh distorsi dalam menyampaikan atau melaporkan data selama proses pengumpulan data.
• Tujuan
Pengumpul data dan peneliti harus menyampaikan tujuan penelitian bukan yang tidak benar.
TERIMA KASIH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.