DEFINISI MASALAH

TANPA MASALAH HIDUP TIDAK BERARTI
DEFINISI MASALAH :

 Penyimpangan yang ditemukan antara pengalaman dan yang diharapkan ,antara yang direncanakan dan kenyataan ,kesulitan yang dihadapi serta adanya pengaduan dan kompetisi.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Identifikasi Sumber Sumber masalah

1. Observasi

Observasi atau pengamatan terhadap sesuatu jika belum diuji belum dapat dikatakan kebenaran dan kesalahan.Hal ini terjadi biasanya karena kekuasaan otoritas dan 

tradisi.Masalah ini dapat diangkat dan dijadikan bahan penelitian serta dapat dibuktikan secara empiris.
Tradisi menerima semua pernyataan dari otoritas tertinggi atau menelan mentah mentah semua pendapat dan pernyataan sebelum diuji dan dibuktikan secara empiris serta dapat dibuktikan adalah kebiasaan orang orang malas.

Contoh :
“Apakah orang beragama menciptakan teroris berkedok agama atau pencucian otak sehingga menimbulkan kekacauan”.

2. Teori

Teori masih merupakan prinsip prinsip umum yang belum tentu kebenarannya.Oleh karena itu, perlu dibuktikan secara empiris dan dapat dibuat kesimpulan.

Contoh:
Diskriminasi terhadapa sara tidak membuat suatu Negara dan pemerintahan menjadi lebih baik dari yang dulu”

3. Kepustakaan

Hasil penelitian sebelumnya yang diregenalisasi dapat diangkat menjadi bahan penelitian dengan tujuan mendukung ,menemukan atau merevisi hasil penelitian sebelumnya.

Contohnya:
“Apakah merk suatu produk mempengaruhi konsumen membeli terhadap peningkatan penjualan “

4. Masalah sosial 

Masalah sosial dapat diangkat menjadi topik yang menarik untuk diteliti lebih lanjut.Jangan lupa dibuktikan dan diuji secara empiris.

Contohnya : “Banyaknya sarjana lulusan perguruan tinggi yang mengganggur menimbulkan pertanyaan kesesuaian curriculum  terhadap kebutuhan masyarakat.

5. Pengalaman

Pernakah anda mendapat masalah ?.Penulis yakin semua orang mempunyai masalah yang kadar masalahnya disesuaikan setiap orang dari sang Pencipta.Nah,masalah ini dapat 

diangkat dan diuji serta dapat dibuktikan secara empiris kebenarannya .Tak lupa dapat dipertanggung jawabkan .

Contoh : “Pengemudi angkutan umum tidak patuh peraturan lalu lintas di jalan raya sehingga perlu di buat pelatihan untuk menghormati pengemudi lainnya dengan tidak melanggar aturan lalu lintas. 




SAMPAI JUMPA ARTIKEL SELANJUTNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.