38 KESALAHAN SALESMAN DAN CARA MEMBETULKANNYA





BAB#11
MENGHINDARI LANGGANAN YANG TIDAK PUAS

Hanya ada satu cara menangani langganan yang tidak puas adalah menghadapinya.

Tidak ada seorangpun yang menyenangi tugas tugas yang tidak meyenangkan ,namun ini adalah tugas.Ya harus ditangani segera,.Kebanyakan salesman tidak memperhatikan keluhan pelanggan atau dengan kata lain menunda penyelesaian konflik dengan berpikir bahwa rasa tidak puas akan hilang di tiup angin,ini adalah sifat kekanak kanakan.




Selidiki ketidakpuasan dari pelanggan dan ambil tindakan untuk melenyapkan rasa tidak puas tersebut jika Anda tidak ingin kehilangan bermilyar milyar penghasilan di rekening Anda.Sering kali  rasa tidak puas berkisar hanya soal pengiriman,kebijakan perusahaan,persoalan pribadi dan sebagainya.

“SETIA PADA PERKARA KECIL ,MAKA ENGKAU AKAN SETIA PADA PERKARA BESAR”

Peribahasa ini khusus ditujukan pada salesman yang bersifat pengecut ,tidak berani menghadapi pelanggan yang tidak puas.Baik yang disebabkan oleh dirinya sendiri,pesaing,atau salesman terdahulu .Mungkin karena malu,gengsi  ,angkuh yang menyebabkan permusuhan yang harus dibayar harganya sangat mahal untuk ditebus.

Penulis sendiri mengalaminya pada saat bergabung diperusahaan baru ,banyak keluhan dari pelanggan mengenai salesman terdahulu atau penyebab lainnya dan penulis mengambil sikap dan bertekad mengambil langkah pertama yaitu terserah pada diri Penulis ,mau atau tidak menyelesaikan konflik.Asumsikansaja bahwa konflik yang terjadi adalah Penulis yang membuatnya dan harus diselesaikan segera.

Perusahaan ini memiliki mitra grosir 10 besar terdahulu,namun tidak pernah berhungan lagi karena hanya masalah yang seharusnya dapat diselesaikan.Penulis bertanya apa yang menyebabkan Anda (toko grosir )tidak menjalin bisnis dengan perusahaan ini.Jawabnya adalah lupa masalahnya ,sudah lama.

Tips untuk menyelesaikan konflik
  1. Selidiki ketidakpuasaan pelanggan dan ambil tindakan segera.
  2. Komunikasikan kebagian lain untuk memdapatkan solusi yang terbaik.
  3. Terimalah semua keluhan dan tanganilah dengan professional,dan anggaplah itu menjadi tanggung jawab Kita .

Saran

Pelajarilah tehnik tehnik penyelesaian konflik untuk mencari solusisemua pihak.Buatlah data dan angka karena data dan angka tidak dapat berbohong dan jauh dari pengecut untuk menyelesaikan konflik masalah sekecil apapun.

Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.