PENGERTIAN EKONOMI





Seri #1 PENGERTIAN EKONOMI

Ekonomi adalah suatu aktivitas individu di lokasi tertentu dalam kaitannya memenuhi kebutuhannya yang mendeskripsikan tingkat kemakmuran individu tersebut .

Dari definisi ekonomi diatas .Jika kita mengamati tingkat kemakmuran akan berbeda satu sama lain. Di tingkat individu ,tingkat masyarakat dan tingkat Negara.

Perbedaannya ini terjadi disebabkan banyak faktor .misal :Negara yang dlanda konflik dan tidak dilanda konflik perang akan berbeda tingkat kemakmuran.  Faktor penguasaan tehnologi,kesehatan,pendidikan,politik dan sebagainya.Silahkan ditambah factor lainnya yang mempengaruhi ekonomi .

Setelah kita identifikasi faktor faktor yang mempengaruhi  ekonomi.Ekonomi dapat dibagi 2 menurut ruang lingkupnya ,yaitu:ekonomi makro dan ekonomi mikro.



EKONOMI MAKRO

Mempelajari aktivitas individu yang mempengaruhi individu secara menyeluruh yang menjelaskan perubahan tingkat kemakmuran dalam kaitannya memenuhi kebutuhan secara global didaerah yang menjadi kekuasaanya.
Contoh :Pemerintah Indonesia membuat kebijakaan Program Swasembada Pangan .Hal ini mempengaruhi tingkat kesejahteraan petani dan masyarakat secara global.
Ekonomi makro dapat dianalisa dan dipelajari secara umum ada 3 dibawah ini

  • PENGELUARAN DAN PENDAPATAN


Pengeluaran dan pendapatan secara luas yang mempengaruhi individu secara global , misalnya; export & import .Suatu Negara yang cenderung import mengambarkan tingkat ekonomi yang belum dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.Kita dapat menganalisa dengan memakai tolak ukur Produk Domestik Bruto,Akuntabilitas,siklus bisnis dan sebagainya.

  • PENGANGGURAN


Tingkat pengangguran dapat dijelaskan bahwa bahwa tingkat pengangguran yang tinggi menggambarkan tingkat kemakmuran secara ekonomi adalah rendah.Hal ini dapat Kita analisa dengan Pertumbuhan ekonomi ,yaitu tingkat pertumbuhan ekonomi 5% dapat mengurangi tingkat pengangguran sebesar 1 %. Tingkat kelahiran yang tidak seimbang dengan tingkat pertumbuhan industri dapat menyebabkan tingkat kemakmuran tidak seimbang .Ada banyak alat analisis yang  digunakan untuk tolak ukur menghitung tingkat pengangguran selain yang disebutkan diatas.

  • INFLASI DAN DEFLASI


Inflasi adalah kenaikan harga barang barang kebutuhan dan deflasi adalah kebalikannya.Hal ini terjadi karena kebijakan pemerintah yang diterapkan tidak sesuai dengan keadaan .Contoh:Biaya penanaman modal asing yang mahal,Hukum yang tidak pasti dan sebagainya.Inflasi bagus untuk mendorong individu untuk berusaha  tetapi jika inflasi terlalu tinggi dan tidak sesuai pendapatan ini perlu dikendalikan oleh pemerintah.Misalnya: Bank Indonesia menaikkan suku bunga pinjaman untuk mengurangi uang beredar sehingga mempengaruhi nilai mata uang rupiah .

Untuk menganalisa ekonomi makro kita dapat melakukan dengan pendekatan SLEPT,yaitu:

S=social        = pengaruh apa saja yang menginduksi tingkat ekonomi masyarakat.
L=legal          = payung hukum yang menjamin kegiatan ekonomi .
E=ekonomi   =kebijakan ekonomi.
P=politik        = kaitannya dengan politik dalam negri dan luar negri.
T=tehnologi   =penguasaan tehnologi.

Pertanyaanya ,Apakah Anda berminat menjadi Ahli Ekonomi untuk memperbaiki ekonomi bangsa Indonesia?

EKONOMI MIKRO

Mempelajari aktivitas ekonomi lebih spesifik yang menjelaskan tingkat kemakmuran dalam kaitannya antar individu maupun organisasi dalam memenuhi kebutuhannya.

Jadi dapat disimpulkan ekonomi makro identik menyeluruh dan ekonomi mikro lebih  spesifik.

Ekonomi mikro dapat dipelajari dengan menganalisa perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhannya, atau individu yang lebih tertarik menjadi karyawan atau menjadi pengusaha dan sebagainya.

Ekonomi mikro sangat erat kaitannya terhadap aktivitas jual beli maupun produksi .Hal ini dibutuhkan seorang Marketer untuk menganalisa dan mengevaluasi serta strategi yang digunakan untuk memperlancar jual beli.Ada banyak konsep marketing saat ini dan terus berkembang seiring perubahan budaya dan tingkat kemakmuran tentu terus dipelajari.contoh Marketing Mix 4P sekarang kita mengenal 7P.

Seorang marketing adalah profesi yang mempelajari ekonomi Mikro secara keseluruhan .Pertanyaannya,Apakah Anda tertarik sebagai Marketer yang professional?

Catatan kecil. beda Salesman dan marketing .Yaitu:Marketer lebih kearah strategi penjualan  bahkan lebih luas dari pada penjualan  dan Salesman  lebih spesifik penjualan ke pelanggan secara langsung.kesimpulannya Profesi sales adalah bagian dari Marketing .

TERIMA KASIH

NEXT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.