DERAJAT KEBEBASAN STATISTIKA



DERAJAT KEBEBASAN DISTATISTIKA

Sebelum kita mempelajari statistitka lebih lanjut ada baiknya kita mempelajari statistika dasar .Kesempatan kali ini, Kita boleh menyamakan persepsi yaitu apa yang dimaksud derajat kebebasan. Derajat kebebasan adalah peubah acak yang menentukan variabel yang akan diukurvariabelnya.



contoh jika kita ke supermarket dan membeli sabun mandi dan ternyata tersedia banyak merk sabun mandi yang menawarkan kegunaan spesial bagi kita.

Kita membeli sabun mandi dari 10  merk dan kita harus memilih 1 merk maka rumus derajat derajat kebebasan  Df = n-k =10-1=9 .Nilai 9 adalah derajat kebebasan dan 1 adalah derajat tidak bebas karena Kita akan memilihnya tentu 1 merk sabun yang kita pilih dan kita putuskan untuk membeli telah dibandingkan kegunaanya ,harganya dan lain lainnya .

Dalam statiska derajat kebebasan sangat diperlukan untuk menguji variable dalam penarikan kesimpulan.Dari 10 merk sabun dan dipilih  satu adalah contoh bahwa satu sabun yang Kita pilih akan Kita hitung dan analisa untuk memgambil kesimpulan.

Statistka adalah ilmu pasti yang tidak pasti karena tidak ada tingkat kepercayaan 100 % hanya ada 99%.hal ini terjadi karena statistika mempelajari peluang yang kemungkinan terjadi atau tidak terjadi. Derajat kebebasan dalam kaitannya menentukan nilai setiap peluang .sebagai catatan berbeda distribusi dan perhitungan akan berbeda derajat kebebasannya.

Terima kasih 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.