MENANGANI RESIKO MARKETING




SERI #2

 MANAJEMEN RESIKO PEMASARAN

Memahami konsep manajemen resiko marketing,pendekatan,tehnik,taktik,model pemasaran ,tidak mudah.Untuk merumuskan konsep marketing diperlukan sikap terhadap pengetahuan dan keterampilan untuk menyusun dan merumuskan manajemen resiko dari pemasaran.

Artikel ini bertujuan megendalikan masalah dan kita mampu menjelaskan core bisnis kepada orang yang bertanya.kepada kita.

Penulis mencoba membantu bagaimana merumuskannya.Ok langsung saja.

Konsep 

Konsep dalam arti umum adalah suatu pemikiran yang bersifat abstrak,entisitas mental yang universal terhadap hubungan subjek dan objek .

Definisi konsep diatas kita simpulkan masih bersifat umum perlu dirumuskan untuk lebih spesifik.Sebelum merumuskan konsep marketing ada baiknya melakukan analisa SWOT.

Contoh:konsep marketing mix,konsep STPD,konsep AIDA dan lain sebagainya.



Pendekatan 

Pendekatan adalah   tolak ukur atau sudut pandang kita terhadap proses kegiatan untuk mencapai sasaran.

pendekatan dapat dibagi 3 ,berdasarkan orientasi kita terhadap subjek dan  objek  atau g abungan subjek atau objek dan tujuan harus jelas deskripsinya.

Contoh nya :PENDEKATAN KONTRUKTIVITAS untuk meningkatan loyalitas saluran distribusi yaitu para distributor  di front liner dapat mampu bekerjasama dengan para produsen dengan tujuan pemerataan produk dimarket.

Strategi

Strategi  adalah serangkaian perencanaan yang menjelaskan proses kegiatan yang bersifat konseptual untuk mencapai sasaran yang efektif dan efisien serta  mempengaruhi subjek dan objek .

Jadi strategi merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh subjek dan objek agar sasaran yang ditetapkan tercapai.

Langkah langkah untuk merumuskan strategi:

  1. Proses identikasi yaitu menetapkan spesifikasi ,kualifikasi  dan hasil yang diharapkan.
  2. Mempertimbangkan dan memutuskan strategi apa yang harus diambil untuk mencapai sasaran.Tentu disesuaikan dengan kemampuan organisasi ,visi,misi dan budaya perusahaan.
Contoh :
Strategi difensiasi produk Mainan anak anak membantu untuk meningkatkan penjualan.

Metode

Metode adalah cara kita untuk menginplementasikan rencana ,procedure yang sistematis perlu dirumuskan dari awal sampai akhir.

Contoh kita merumuskan untuk mengetahui diferensiasiproduk mainan kita dapat memilih metode yang tepat ,misalkan ‘metode observasi’

Tahap ini kita harus memikirkan : 





Tehnik

tehnik dalam arti yang luas yaitu bagaimana kita implentasikan metode yang diputuskan secara spesifik .

contoh metode observasi dengan tehnik pengamatan langsung atau tidak langsung.

Contoh mainan anak anak kita dapat mengamati lewat media atau pengamatan langsung di lapangan apa yang sedang digemari dengan tehnik angket .dokumentasi dan sebagainya.


Taktik

Taktik adalah gaya kita untuk merealisasikan tehnik yang digunakan untuk mempengaruhi objek atau subjek yang menjadi sasaran.

Contoh
Bekerja sama dengan produsen super hero membuat even atau acara yang bersfat perlombaan dan sebagainya.

Model perumusan managemen starategi ini dapat diterapkan dan sangat membantu untuk mengendalikan masalah .

“ PERENCANAAN YANG GAGAL ,ARTINYA ANDA MERENCANAKAN KEGAGALAN”




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.