38 KESALAHAN SALESMAN DAN CARA MEMBETULKANNYA



BAB#9 
HANYA MENGANDALKAN SATU JAWABAN TERHADAP KEBERATAN.

Hanya ada satu kata “YA” bagi salesman yaitu sikap fleksibel merupakan ciri salesman yang profesional.

Situasi persaingan yang ketat menuntut seorang salesman untuk kreatif ,dinamis,imajinatif terus menerus.Salesman yang tidak dapat merubah posisi dan taktik disituasi yang baru akan kehilangan uang terutama pembeli tetapi seorang Jendral selalu mempunyai rencana B jika rencana A gagal.

YA DAN AMIN
Saya pun mengalaminya ketika menawarkan pakaian model wanita ke pelanggan.Semua tanggapan dapat Saya atasi dengan baik dan semua pelanggan puas .Tetapi ada beberapa pelanggan yang tidak membeli.Apakah karena saya kurang tanggap kepada keberatan yang diajukan pelanggan ini.Jelas tidak ,karena pelanggan lain membeli produk ini dan puas.Ada  apa ini ?Saya bertanya dalah hati !.

Akhirnya kata ,Saya pun sadar bahwa pelanggan yang membeli kepada saya adalah pelanggan lama bukan pelanggan baru .

Suatu malam Saya menikmati acara  diskusi hukum di TV,Seorang pengacara berkata bagaimana harus bersikap dan bertindak memenangkan kasus dipengadilan yaitu 

“UNTUK MEMENANGKAN KASUS ,SEMUA TERGANTUNG PADA PASAL YANG DIGUNAKAN  UNTUK BERAGUMENTASI YANG EFEKTIF  DIALAH PEMENANGNYA”.

Tips mengatasi keberatan

  1. Singkirkan perdebatan dan sikap membantah tetapi ciptakan sanggahan untuk solusi.
  2. Ciptakan rencana alternativ  untuk mengatasi keberatan dan persiapkan sebelum mengunjungi pelanggan.
  3. Kuasai situasi dan kendalikan situasi dan suasana untuk menciptakan diplomasi danyang penuh pengertian untuk mempengaruhi pembeli.

Saran

  • Jika Anda tidak tidak tahu,”DIAM”.Tidak membantah dan berdebat yang hanya menciptakan suasana yang tidak diharapkan.ketahuilah pembeli adalah manusia sama seperti anda yang memiliki rasa ego,sombong ,harga diri .
  • Setelah anda memikirkan dan mempunyai jawaban yang bijaksana kunjungi pelanggan tersebut dan mulailah bernegoisasi untuk win win solution.
SEBELUMNYA                                                                    SELANJUTNYA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.