BAB#9
HANYA MENGANDALKAN SATU JAWABAN TERHADAP KEBERATAN.
Hanya ada satu kata “YA” bagi salesman yaitu sikap fleksibel merupakan ciri salesman yang profesional.
Situasi persaingan yang ketat menuntut seorang salesman untuk kreatif ,dinamis,imajinatif terus menerus.Salesman yang tidak dapat merubah posisi dan taktik disituasi yang baru akan kehilangan uang terutama pembeli tetapi seorang Jendral selalu mempunyai rencana B jika rencana A gagal.
YA DAN AMIN |
Saya pun mengalaminya ketika menawarkan pakaian model wanita ke pelanggan.Semua tanggapan dapat Saya atasi dengan baik dan semua pelanggan puas .Tetapi ada beberapa pelanggan yang tidak membeli.Apakah karena saya kurang tanggap kepada keberatan yang diajukan pelanggan ini.Jelas tidak ,karena pelanggan lain membeli produk ini dan puas.Ada apa ini ?Saya bertanya dalah hati !.
Akhirnya kata ,Saya pun sadar bahwa pelanggan yang membeli kepada saya adalah pelanggan lama bukan pelanggan baru .
Suatu malam Saya menikmati acara diskusi hukum di TV,Seorang pengacara berkata bagaimana harus bersikap dan bertindak memenangkan kasus dipengadilan yaitu
“UNTUK MEMENANGKAN KASUS ,SEMUA TERGANTUNG PADA PASAL YANG DIGUNAKAN UNTUK BERAGUMENTASI YANG EFEKTIF DIALAH PEMENANGNYA”.
Tips mengatasi keberatan
Saran
Akhirnya kata ,Saya pun sadar bahwa pelanggan yang membeli kepada saya adalah pelanggan lama bukan pelanggan baru .
Suatu malam Saya menikmati acara diskusi hukum di TV,Seorang pengacara berkata bagaimana harus bersikap dan bertindak memenangkan kasus dipengadilan yaitu
“UNTUK MEMENANGKAN KASUS ,SEMUA TERGANTUNG PADA PASAL YANG DIGUNAKAN UNTUK BERAGUMENTASI YANG EFEKTIF DIALAH PEMENANGNYA”.
Tips mengatasi keberatan
- Singkirkan perdebatan dan sikap membantah tetapi ciptakan sanggahan untuk solusi.
- Ciptakan rencana alternativ untuk mengatasi keberatan dan persiapkan sebelum mengunjungi pelanggan.
- Kuasai situasi dan kendalikan situasi dan suasana untuk menciptakan diplomasi danyang penuh pengertian untuk mempengaruhi pembeli.
Saran
- Jika Anda tidak tidak tahu,”DIAM”.Tidak membantah dan berdebat yang hanya menciptakan suasana yang tidak diharapkan.ketahuilah pembeli adalah manusia sama seperti anda yang memiliki rasa ego,sombong ,harga diri .
- Setelah anda memikirkan dan mempunyai jawaban yang bijaksana kunjungi pelanggan tersebut dan mulailah bernegoisasi untuk win win solution.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan.